Bahasa

Pelajaran 1/pertemuan I

A. Standar Konpetensi

Siswa mampu mengetahui Mafu'lun bihi

B. Konpetensi Dasar

1. Siswa mengetahui dan memahami istilah mafu'lun bihi

2. Siswa mampu membuat contoh tentnag mafulun bihi.

3. Siswa mampu memahami dan menghafal definisi maf'ulun bihi.

4. Siswa mampu dan menguasai cara membuat mafulun bihi.

C. Kegiatan belajar mengajar :

1. Pendahuluan

Guru memulai dengan salam dan hamdalah, kemudian memulai dengan cek kehadiran siswa,menulis tanggal dipapan tulis dan menanyakan materi yang ada hubungannya denga materi ajar.

2. Materi ajar:

a. Guru menuliskan materi maf'ulun bihi di papan tulis.

b. Guru membaca contoh yang telah ditulis, kemudian siswa mengikuti.

c. Guru menjelaskan materi maf'ulun bihi.

3. Akhir pertemuan

a. Diakhir pertemuan guru memilih bebrapa anak untuk menjawab pertanyaan untuk men\yakinkan bahwa anak-anak faham dengan materi tersebut.

b. Guru memberikan tugas


المعول به

MAF'ULUN BIHI

الأمثلة

1. شَدُّ التِلميْذُ الحَبْلَ

2. طَوَتِ البِنْتُ الثَّوْبَ

3. أَكلَ الذِّئْبُ الخروْفَ

4. يَرْبَحُ السَابِقُ جَائِزَةَ

5. يَصِيْدُ الثَّعْلََبُ دَجاجةَ

6. يَبِيْعُ االقَصَابُ اللَّحْمَ Contoh-contoh

1. Murid itu mengikat tali

2. Anak perempuan itu melipat baju

3. Serigala makan domba

4. Pembalap itu memenangkan hadiah

5. Musang memburu ayam

6. Tukang daging sapi itu menjual daging


Keterangan :

Tiap-tiap kalimat dari kalimat-kalimat diatas terdiri dari satu fi'il dan dua isim. Isim yang pertama dinamkan fa'il, karena pekerjaannya adalah timbul daripadanya. Dan kalau kita teliti pada tiga contoh yang pertama,maka kita lihat isim yang kedua pada tiap-tiap contoh tadi, yaitu: الحبل = tali,الثوب = baju dan الخروف = domba - - adalah merupakan yang dikenai (menderita) akibat perbuatan. Seperti Fi'il الشد = mengikat, yang timbul dari murid = التلميذ pada tali = الحبل . dan البنت = mengenai pada baju = الثوب . dan makan = الأكل yang timbul dari serigala = الذئب mengenai pada domba = الخروف . maka التلميذ, البنت , dan الذئب masig- masing ini adalah fa'il.Dan الحبل, الثوب, dan الخروف masing masing adalah yang terkena pekerjaan,dan dinamakan مفعول به . dan begitulah dengan nama contoh-contoh yang lainya. Dan kalau kita perhaitkan (huruf) akhir pada isim yang menujukan kepada مفعول به maka kita dapati ia di nasabkan.

Kaedah القاعدة

المَفْعُوْلُ بِهِ هُوَ اِسْمٌ مَنْصُوْبٌ وَقَعَ عَلَيْهِ فَعَلَ الْفَاعِلُ

Maf'ulun bihi itu adalah isim yang dinasabkan yang terkena sasaran pekerjaan fa'il.


تمرين

Sebutkan mafu'lun bihi dari kalimat- kaliamt berikut ini:

1. مَزَقَ الْغُلاَمُ الوَرَقَ

2. حَلَبَتِ الْفَتَاةُ البَقَرَةَ

3. أَيْقَظَ الرَّعْدُ النَّائِمَ

4. أَكَلَ الْحِمَارُ الْفُوْلَ

5. صَنَعَ النَّجَارُ كُرْسِيًّا

6. رَمَى الصَّيَادُ الشَبَكَةَ

7. طَبَخَتِ الْمَرْأَةُ الطَّعَامَ

8. أَبْصَرَ الرَّجُلُ الْهِلاَلَ 1. Anak itu merobek kertas

2. Gadis itu memrah susu sapi

3. Petir itu membngunkan orang tidur

4. Keledai itu makan kacang

5. Tukang kayu membuat kursi

6. Pemburu itu memasang jalanya

7. Perempuan itu memasak makanan

8. Laki-laki itu melihat bulan sabit


تمرين 2

Letakanlah tiap-tiap isim di bawah ini dalam kalimat sebagai maf'ulun bihi :

1. الثُعْبَانُ

2. النَّافِدَةُ

3. االخِذَاءُ

4. كِتَابًا Ular

Jendela

Sepatu

buku 5. الحَدِيْقَةِ

6. البَلَحَ

7. الفِرَسُ

8. المَاءَ Kebun

Korma muda

Kkuda

air


تمرين 3

Letakanlah mafu'lun bih yang sesuai bagi tiap-tiap kaimat dibawah ini:

1. أَكَلَ الْقِطُ...................

َزْرَعُ الْفَلاَّحُ..................

3. يَبُبني الْبَنَاءُ.......

4. مَزَقَ الْوَلَدُ .........

5. تَخِيْطُ الْبِنْتُ.............

6. كَسَّرَ الْهَوَاءُ...........

7. يَنْشُرُ النََجِاُُر ...............

8. يَبِيْعُ البَدَّالُ..................

9. غَسَلَتْ الْمَرأَةُ........ 1. Kucing makan……..

2. Petani menanam……….

3. Tukang membangun……….

4. Anak itu mengoyak………….

5. Anak perempuan menjahit…………….

6. Udara memecahan…………………

7. Tukang kayu menggergaji…………..

8. Tukang sayur menjual…………….

9. Perempuan itu mencuci……………..


تمرين في الإنشاء

أ‌- نموذج A. Contoh

(1) حَمَلَ الْجَمَلُ الْحَطَبَ

حَمَلَ – فِعْلٌ مَاضٍ

الْجَمَلُ - فَاعِلٌ مَرْفُوْعٌ

الْحَطَبَ – مَفْعُوْلٌ بِهِ مَنْصُوْبٌ 1. Onta itu membawa kayu

Membawa – fi'il madhi

Onta – fa'il yang dirafa'kan

Kayu – mafulun bih yang dinasabkan

(2) يَأكُلُ الذئب الشاة

يأكل – فعل مضارع

الذئب – فاعل مرفوع

الشاة – مفعول به منصوب 2. Serigala itu makan domba

Makan = fi'il mudhari

Serigala = fa'il yang dirafakan

Domba = mafu'lun bih yang dinasabkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar